Kamis, 08 Desember 2016

KARYA TULIS ILMIAH ( KTI BAHASA ) "Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa".



KARYA TULIS ILMIAH

BAHASA INDONESIA
“Upaya  Meningkatkan  Prestasi Belajar  Siswa”
I Kadek Agus Sedana Yasa
DI SUSUN OLEH:




FAKULTAS EKONOMI Prodi Akutansi ( A )
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
LUWUK
Tahun Akademik 2014 / 2015

KATA  PENGANTAR
Puji  syukur  penulis  panjatkan  ke  hadirat  Tuhan  Yang  Maha  Esa  Karena  atas  rahmat  dan  karunianya  lah,  maka  pada  akhirnya  penulis  bisa  menyelesaikan  tugas  berbentuk  karya  tulis  ilmiah  atau  yang  biasa  disebut  KTI  ini.
            Tidak  lupa  juga  penulis  mengucapkan  terima  kasih  kepada   Dosen  pembimbing  khususnya  yang  berkaitan  dengan  tugas  ini,  yakni  IbuJILATI  EMBA, S.pd. M.Pd  karena  berkat  beliaulah   maka  kini  tugas  ini  dapat  terselesaikan.
            Selain itu,  dukungan  dari  semua  pihak  termasuk  teman  -  teman  telah  bisa  mendorong  penulis  agar  bisa  menyelesaikan  tugas  ini.  Untuk  itu,  penulis  mengucapkan  terima  kasih.
            Penulis  sadar  KTI  ini  jauh  dari  kesempurnaan.  Kritik  dan  saran  yang  membangun  sangat  penulis  harapkan  demi  kinerja  yang  lebih  baik  kedepannya.

Februari,  2014
Penulis


i

DAFTAR  ISI
Kata  Pengantar……………………………………………………………………….i
Daftar  Isi………………………………………………………………………………ii
Bab I  Pendahuluan……………………………………………………………………1-2
A.    Latar  Belakang  Masalah…………………………………………………….1
B.     Rumusan  Masalah…………………………………………………………….1
C.    Tujuan  Penelitian……………………………………………………………..2
D.    Manfaat  Penelitian……………………………………………………………2
Bab II  Kajian  Pustaka  Dan  Kajian  Teori……………………………………….3-7
A.    Kajian  Teori…………………………………………………………………..3-5
B.     Penelitian  Yang  Relevan…………………………………………………….6
C.    Kerangka  Berfikir……………………………………………………………6-7
D.    Hipotetis  Tindakan……………………………………………………………7
Bab III  Metode  Penelitian…………………………………………………………..8-9
A.    Desain  Penelitian……………………………………………………………...8
B.     Defenisi  Operasional  Variabel  Penelitian…………………………………8
C.    Populasi  Dan  Sampel  Penelitian……………………………………………8-9
D.    Metode  Yang  Digunakan  (  Index  Card  Match  )……………………….9
Bab  IV  Hasil  Penelitian……………………………………………………………10-19
A.    Penjabaran  Tentang  Metode  Index  Card  Match………………………10-16
B.     Penerapan  Index  Card  Match  Dalam  Pembeljaran  IPS  Di  SDN  Damai  Makmur  ( Kelas  IV  Semester  II  )………………………………………..16-19
Bab  V  Penutup…………………………………………………………………………20
A.    Simpulan…………………………………………………………………………20
B.     Saran……………………………………………………………………………20
Daftar  pustaka………………………………………………………………………..21

ii
BAB  I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Setiap  individu  ingin  mempunyai pendidikan  yang  tinggi.  Dengan pendidikan, mereka  mampu  menciptakan  peluang  dan  memanfaatkan  peluang  itu menjadi  sesuatu  yang  bernilai  positif.  Pendidikan  formal bisa  di  dapat  hanya  dengan  bersekolah.  Pendidikan  merupakan  bekal  untuk  masa  depan.
Prestasi  belajar  siswa  secara  Akademis  tergantung  dari  individu  itu  sendiri  (factor internal)  dan  lingkungan  pergaulan  yang  bisa  menempatkan  mereka  pada  peran – peran  yang  ada  (factor eksternal).  Kedua  factor  inilah  yang  menjadi  tolak  ukur  seorang  siswa  di  katakana  berhasil.
Dalam  memperoleh  prestasi  belajar  yang  baik,  tentu  ada  upaya  -  upaya  yang  harus  dilakukan  dalam  proses  peningkatan  tersebut.  Banyak  cara  bisa  kita  lakukan  dan  banyak  cara  juga  yang  bisa  membuat  kita  menjadi  terhambat.  Di  perlukan  kesadaran  yang  baik  tentang  pentingnya  pendidikan  dengan  kaitannya  terhadap  prestasi  belajar  seorang  siswa.  Oleh  karena  itu,  Penulis  memutuskan  untuk  meneliti  upaya  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  yang  terdapat  dalam  lingkungan  Penulis.
B.       Rumusan  Masalah
Bagaimana  upaya  meningkatkan  prestasi  belajar  seorang  siswa  di  bidang Akademis?
1
C.      Tujuan  Penelitian
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  upaya – upaya  untuk meningkatkan prestasi  belajar  siswa  khususnya  di  bidang  Akademis.
D.      Manfaat Penelitian
Manfaat  Penelitian  ini  antara  lain  :
1.      Bagi  Peneliti,  sebagai  bukti  dari  pengumpulan  tugas  sekolah  yang  dapat  di  pertanggung  jawabkan  peneliti  baik  kepada  pribadi  maupun  orang  lain.
2.      Bagi  Peneliti  lain,  laporan  ini  bisa  di  jadikan  acuan  atau  referensi  bilamana   peneliti  lain  ingin  melakukan  riset  yang  sejenis.
3.      Bagi  Sekolah, laporan  ini  bisa  di  jadikan  koleksi  umum  perpustakaan  agar  bisa  menjadi  bahan  ataupun  contoh  dari  penelitian – penelitian  lain.
4.      Bagi  Siswa,  penelitian  ini  bisa  di  jadikan   gambaran  -  gambaran  umum  maupun  sampel  untuk  pengintrospeksian  diri.   









2
BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN KAJIAN TEORI

A.       Kajian Teori
1.      Pengertian Belajar
Menurut  Mulyasa  ( 2005:189 ) bahwa  belajar  pada  hakikatnya  merupakan usaha  sadar  yang  di  lakukan individu  untuk  memenuhi  kebutuhannya.  Setiap  kegiatan  belajar  yang  di  lakukan  oleh  peserta  didik  akan  menghasilkan  perubahan  -  perubahan  dalam  dirinya,  yang  oleh  Bloom  ( 1974 ) di  kelompokkan  ke  dalam  Kognitif,  Afektif,  dan Psikomotor.
2.      Pengertian  Prestasi  Belajar
Prestasi  belajar  adalah  hasil  yang  di  capai  oleh  seseorang  setelah  dia  melakukan  perubahan  belajar,  baik  di  sekolah  maupun  di  luar  sekolah.  Di  dalam  Webster’s  New  Internasional  Dictionary  mengungkapkan  tentang  prestasi  belajar  yaitu  :
“Achievement  test  a  standardized  test  for  measuring  the  skill  know  ledge  by  person  in  one  more  lines  of  work  a  study”  ( Webster’s New  Internasioanl  Dictionari,  1951  :  20  ).
Artinya  :  “Prestasi  adalah  suatu  standart  test  untuk  mengukur  kecakapan  atau  pengetahuan  bagi  seseorang  di  dalam  satu  atau  lebih  dari  garis  -  garis  pekerjaan  dan  belajar.
3.        Keaktifan  Belajar
Pada  hakekatnya  keaktifan  belajar  terjadi  dan  terdapat  pada  semua  perbuatan  belajar,  tetapi kadarnya yang berbeda-beda tergantung pada jenis kegiatannya,  materi  yang dipelajari 
3
dan  tujuan yang hendak dicapai (Hamalik, 2003).
 Sedangkan  menurut  Dimyati  dan  Mudjiono  (2009)  mengemukakan  keaktifan  siswa  dalam  peristiwa  pembelajaran  mengambil  beraneka  bentuk  kegiatan  fisik  yang  dapat diamati.  Contoh kegiatan fisik tersebut telah dikemukakan oleh Usman (2011) yaitu  meliputi  aktivitas  visual  yang  meliputi  membaca,  menulis,  melakukan eksperimen,  dan  demonstrasi.  Aktivitas  lisan  meliputi  bercerita,  membaca  sajak, Tanya jawab, diskusi dan menyanyi. Aktivitas mendengarkan meliputi mendengarkan  penjelasan guru, ceramah, pengarahan. Aktivitas gerak seperti senam, atletik, menari,  melukis dan aktivitas menulis seperti mengarang, membuat makalah, membuat surat.  Setiap jenis aktivitas tersebut memiliki bobot yang berbeda tergantung pada tujuan  mana yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar.
Selain  itu,  Usman  (2011)  juga  mengemukakan  bahwa  keaktifan  meliputi  interkasi  guru  dengan  siswa  dan  siswa  dengan  siswa  lainnya.  Interaksi  tersebut  memiliki berbagai macam pola interaksi diantaranya  :

   G                                          Komunikasi  sebagai  aksi  ( satu  arah  )
 



   M                M                M
4

G         Ada  balikan  (  Feed back  )  bagi  guru,  tidak   
                                                ada interaksi  antar  siswa  (  komunikasi  sebagai 
                                                             Interaksi  ).                                        


  M            M         M

                                   G                                                Ada  balikan  bagi  guru  atau  siswa  saling
                                                                                     belajar  satu  sama  lain.

  M                    MM                                       

Menurut  Sudjana  (1991)  keaktifan  belajar  siswa  dapat  dilihat  berdasarkan indikator  keaktifan  siswa  yaitu  turut  serta  dalam  melaksanakan  tugas  belajarnya, terlibat dalam pemecahan permasalahan, bertanya kepada siswa lain atau kepada guru apabila  tidak,  memahami  persoalan  yang  dihadapinya,  berusaha  mencari  berbagai informasi  yang 
diperlukan  untukpemecahan  masalah,  melaksanakan  diskusi  kelompok sesuai dengan
5
petunjuk guru, menilai kemampuan dirinya dan hasil-hasil yang  diperolehnya,  melatih  diri  dalam  memecahkan  soal  atau  masalah  sejenis, kesempatan  menggunakan  atau  menerapkan  apa  yang  telah  diperolehnya  dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yangdihadapinya.
Melalui  indikator  keaktifan  siswa,  guru  dapat  melihat  apakah  siswa  telah melakukan  aktivitas  belajar  yang  diharapkan  atau  tidak.  Keaktifan  belajar  tidak semata-mata  muncul  karena  siswa  tetapi  guru  juga  harus  berusaha  untuk memunculkan  suasana  belajar  yang  aktif   sehingga  siswa  dapat  terpacu  untuk  aktif dalam belajar.
B.       Penelitian  Relevan
            Penelitian  yang  dilakukan  oleh  Ervan  Yopi  Putranto  ( 2011 )  dengan  judul  peningkatan prestasi  belajar  pada  siswa  kelas V  SDN  Pesanggrahan  02  Kota  Batu.  Hasil  penelitiannya  adalah  melalui  penerapan  metode  pembelajaran  yang  baik  maka  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa.
Selain itu,  penelitian  yang  serupa  juga  dilakukan  pleh  Ahmini  ( 2011 )  dengan  judul  peningkatan  kualitas  pembelajaran  pada  siswa  kelas  3  SDN  Kandri  kota  Semarang.
            Berdasarkan  beberapa  penelitian  yang  sudah  dilakukan  menunjukkan  bahwa  peningkatan  prestasi  belajar  siswa  dilakukan  dengan  penerapan  prestasi  belajar  siswa.
C.    Kerangka Berfikir
Terdapat  berbagai  permasalahan  yang  dihadapi  diantaranya  siswa  tidak  mengetahui  metode  apa  yang  tepat  digunakan  untuk  meningkatkan  prestasi  belajar.
Kerangka  berfikir  kemudian  dikembangkan  untuk  menjawab  dan  menjelaskannya.
6
Hal  tersebut  menggunakan  Skema  :  
Metode  yang  digunakan
Upaya peningkatan  prestasi  belajar
 


X                                                                                                         Y
D.    Hipotetis Tindakan
Berdasarkan  kajian  teori  dan  kerangka  berfikir  diatas  bahwa  terdapat  berbagai  permasalahan  diantaranya  ketidaktahuan  siswa  tentang  metode  yang  digunakan.  Hipotetis  dalam  penelitian  ini  adalah  melalui  metode  Index  Card  matchdiharapkan  dapat  meningkatkan  keaktifan  dan  prestasi  belajar  siswa  dikelas  IV Semester II SDN  DAMAI  MAKMUR.








7
BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Desain  Penelitian
Desain  penelitian  ini  menggunakan  metode  Cross  Sectional,  desain  penelitian  semacam  ini  mendalami  tentang  dinamika  korelasi  antar  beberapa  factor  resiko  dan  dampaknya.  Desain  seperti  ini  menggabungkan  pendekatan  dan  juga  pengumpulan  data  dalam  satu  waktu  tertentu  secara  bersamaan. Terdapat  hubuangan  antara  satu  variabel  dengan  variabel  lainnya  dengan  desain  ini.
B.       Defenisi  Operasional Variabel  Penelitian
1.        Variabel Bebas
Variabel  bebas  adalah  variabel  yang  diselidiki  pengaruhnya.  Variabel  bebas  dalam  penelitian  ini  adalah metode  yang  digunakan  ( X )  dan  upaya  peningkatan  prestasi  belajar  siswa  ( Y ).
2.      Variabel  Terikat
Variabel  terikat  disebut  juga variabel  control.  Variabel  terikat  dalam  penelitian  ini  adalah   upaya  prestasi  belajar  siswa.
C.    Populasi  dan  Sampel  Penelitian
1.      Populasi
  Populasi  dalam  penelitian  ini  termasuk  populasi  terbatas.  Karena  populasi  ini  jumlahnya  terbatas  sesuai  dengan  yang  dimagsud.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah 
8
siswa  kelas  IV  semester  2  SDN Damai  Makmur.
2.      Sampel
 Metode  index  card  match  digunakan  dalam  menentukan  sampel.  Metode  ini  merupakan  cara  aktif  dan  menyenangkan  untuk  meninjau  ulang  materi  pelajaran.  Melalui  metode  ini  memungkinkan  siswa  untuk  dapat  belajar  secara  mandiri  nmaupun  dengan  siswa  lain.
D.      Metode  Yang  Digunakan  (  Index  Card  Match  )
Metode  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  Index  card  match  yang lebih  lanjut  akan dijabarkan  dalam  Bab IV.













9
BAB IV
HASIL PENELITIAN

A.       Penjabaran Tentang  Metode  Index  Card  match
            Menurut  Silberman  (2006)  index  card  match merupakan  cara  aktif  dan menyenangkan  untuk  meninjau  ulang   materi  pelajaran.  Melalui  metode  ini memungkinkan siswa untuk dapat belajar secara mandiri maupun dengan siswa lain.
            Menurut Juntak Margana (2010) Index Card Matchmerupakan  metode pembelajaran yang  menuntut  siswa  untuk  bekerja  sama  dan  dapat  meningkatkan  rasa  tanggung  jawab  siswa  atas  apa  yang  dipelajari  dengan  cara  yang  menyenangkan. 
            Sedangkan  menurut  Suwarno  (2010)  Metode Index  CardMatch dikenal  juga  dengan   istilah  “mencari  pasangan  kartu”  metode  ini  digunakan  untuk  mengulang  materi pembelajaran  yang  telah  diberikan  sebelumnya  dan  berpotensi  membuat  siswa  senang.
            Metode pembelajaran index card matchadalah metode pembelajaran aktif dan  menyenangkan  yang  cara  kerjanya  adalah  mencari  pasangan  kartu  dimana  kartu tersebut berisi kartu soal dan kartu  jawaban  yang menuntut siswa untuk bekerja sama dalam mencari pasangan kartu. Metode ini tepat digunakan untuk melibatkan siswa dalam  kegiatan  belajar  karena  melalui  metode  index  card  matchsiswa  dapat berinteraksi dengan guru ataupun siswa lainnya. Selain itu siswa juga dapat menggali kembali pengetahuan yang diperolehnyaselama mengikuti pembelajaran.
Menurut Suprijono (2011) langkah-langkah pembelajaran metode  index card match
10
adalah sebagai berikut :
a.  Buatlah  potongan-potongan  kertas  sebanyak  jumlah  siswa  yang  ada  di  dalam kelas.
b.  Bagilah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama.
c.  Pada  separuh  bagian,  tulis  pertanyaan  tentang  materi  yang  akan  dibelajarkan setiap kertas berisi satu pertanyaan.
d.  Pada  separuh  kertas  lain,  tulis  jawaban  dari  pertanyaan-pertanyaan  yang  telah dibuat.
e.  Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
f.  Setiap  siswa  diberi  satu  kertas.  Jelaskan  bahwa  ini  adalah  aktivitas  yang dilakukan berpasangan. Separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain mendapatkan jawaban.
g. Mintalah kepada siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan  pasangan,  jelaskan  kepada  mereka  untuk  duduk  berdekatan. Jelaskan  juga  agar  mereka  tidak  memberitahu  materi  yang  mereka  dapatkan kepada teman yang lain.
h. Setelah  semua  siswa  menemukan  pasangan  dan  duduk  berdekatan,  mintalah kepada  setiap  pasangan  secara  bergantian  untuk  membacakan  soal  yang diperoleh dengan keras kepada teman-teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh  pasangannya.
i.  Akhiri proses ini dengan membuat klasifikasi dan kesimpulan.
            Sedangkan menurut Silberman (2006) langkah-langkah pembelajaran metode Index card matchadalah sebagai berikut:
a.       Pada  kartu  index  yang  terpisah,  tulislah  pertanyaan  tentang  apapun  yang diajarkan di kelas.  Buatlah kartu pertanyaan dengan jumlah  yang sama dengan setengah 
11
jumlah  siswa. Pada  kartu  yang  terpisah,  tulislah  jawaban  atas  masing – masing pertanyaan  itu.
b. Campurlah dua kumpulan kartu itu dan kocoklah beberapa kali agarbenar-benar tercampur.
c.  Berikan  satu  kartu  untuk  satu  siswa.  Jelaskan  bahwa  ini  merupakanlatihan pencocokan.  Sebagian  siswa  mendapatkan  pertanyaan  tinjauandari  sebagian siswa  mendapatkan  pertanyaan  tinjauan  dan  sebagian  lain  mendapatkan  kartu jawabannya.
e. Perintahkan  siswa  untuk  mencari  kartu  pasagan  mereka.  Bila  sudahterbentuk pasangan, perintahkan siswa  yang berpasangan itu untukmencari tempat  duduk bersama.  (katakan  pada  mereka  untuk  tidak  mengungkapkan  kepada  pasangan lain apa yang ada di kartu mereka).
f. Bila  semua  pasangan  yang  cocok  telah  duduk  bersama,  perintahkan  tiap pasangan  untuk  memberikan  kuis  pada  siswa  lain  dengan  membacakan  kertas kertas  pertanyaan  mereka  dan  menantang  siswa  lain  untuk  memberikan jawabannya.
            Metode index card matchmerupakan  sebuah permainan mencocokkan kartu soal  dan  kartu  jawaban  yang  sesuai  melalui  interaksi  dan  kerjasama  antar  siswa. Kartu yang digunakan disini berupa potongan-potongan kertas yang dibuat menarik. Bahan ajar yang disajikan  dalam index card matchtidakdisajikan dalam bentuk jadi, Karena bahan yang ditulis  didalam kartu soal dapat disajikan dalam bentuk soal-soal yang ditulis tidak lengkap ataupun dapat ditulis dengan suatu pertanyaan. Penyajian materi  index  card  match dapat  disajikan  bermacam-macam  sesuai  materi  yang  dipelajari dan kreatifitas yang
dimiliki guru dalam membuat kartu-kartu , agar materi yang  dipelajari  dapat  dengan  mudah 
12
dipahami  oleh  siswa.  Tipe  soal  dalam  kartu bermacam-macam  tergantung  dari  materi  yang  dipelajari  dan  tujuan  yang  akan dicapai.
            Selain  meningkatkan  tingkat  pemahaman  siswa,  metode  index  card  matchjuga  dapat  memaksimalkan  aktifitas  siswa  dalam  belajar  untuk  memperoleh   salah satunya dengan cara saling berinteraksi untuk memperoleh informasi. Informasi yang telah didapatkan  akan  disampaikan  pada  siswa  lain  agar  semua  siswa  dapat mengetahui  informasi  yang  didapatkan  dari  setiap  pasangan.  Metode index  cardmatch  melatih siswa  untuk belajar dari temannya  sehingga perolehan  informasi tidak hanya didapatkan dari guru namun dapat juga didapatkan dari temannya.
            Dalam  penelitian  ini  peneliti  berupaya  agar  yang  memiliki  kreatifitas  untuk mengisi  kartu  soal  dan  kartu  jawaban  adalah  siswa  sendiri  dari  pengetahuan  yang sudah  didapatkannya  selama  proses  belajar  berlangsung.  Untuk  mengantisipasi kesamaan  siswa  dalam  mengisi  kartu  soal  dan  kartu  jawaban  guru  terlebih  dahulu menetukan tema sesuai materi yang akan digunakan dalam metode index card match. Permainan pencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dapat digunakan sebagai soal latihan dari materi yang sudah dipelajari dan akan diujikan untuk dirinya sendiri dan teman yang lain. Melalui  index card matchdapat pula diketahui tingkat penguasaan siswa  terhadap  materi  yang  dipelajari.Adapun  langkah-langkah  pembelajaran menggunakan metode index card match dalam penelitian ini sebagai berikut
a.  Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari terlebih dahulu pada siswa
b.  Siswa bermain index card match atau pencocokkan kartu
c. Guru memberikan kartu tema kepada siswa dan setiap siswa mencari pasangan
13

d. Siswa  yang  sudah  mendapatkan  tema  yang  sama  duduk  berdampingan  sambil menunggu teman lain mendapatkan pasangan teman
e.  Siswa  berpasangan  untuk  mengisi  satu  kartu  soal  dan  satu  kartu  jawaban berdasarkan tema yang diperoleh
f.  Setiap siswa mengumpulkan kartu yang sudah dibuatnya
g.  Setelah semua kartu terkumpul guru mengacak semua kartu
h.  Siswa diminta mengambil satu kartu secara acak
i.  Siswa yang sudah mendapat kartu tidak boleh melihat isi kartu tersebut sebelum semua siswa sudah mendapatkan kartu
j.  Siswa mulai mencari pasangan dari kartu yang didapatkannya
k.  Siswa  yang  sudah  berpasangan  duduk  berdampingan  sambil  menunggu  teman lain mendapatkan pasangannya
l.  Setiap pasangan maju ke depan kelas untuk membacakan pertanyaan pada siswa lain dan meminta siswa lain keculi pasangannya untuk menjawabnya
m. Siswa yang memegang kartu jawaban memberikan tanggapan dari  jawaban yang diberikan oleh temannya
n.  Siswa  membuat  rangkuman  dari  pengetahuan  yang  didapatkannya  dari permainan kartu  tersebut.
            Menurut  Handayani  dalam  Margana  (2010)  menyatakan  bahwa  terdapat  kelebihan
dan kelemahan metode index card match sebagi berikut
1). Adapun kelebihan dari metode index card matchyaitu :
14
a. Menumbuhkan kegembiraan dalam kegitan belajar mengajar
b. Materi pelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa
c. Mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan
d. Mampu  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  mencapai  tarafketuntasan
belajar
e. Penilaian dilakukan bersama pengamat dan pemain
2) Adapun kekurangan dari metode index card match yaitu :
a. Membutuhkan  waktu  yang  lama  bagi  siswa  untuk  menyelesaikan  tugas dan prestasi.
b. Guru harus meluangkan waktu yang lebih lama untuk membuat persiapan
c. Guru  harus  memiliki  jiwa  demokratis  dan  ketrampilan  yang  memadai    
d. Menuntut sifat tertentu dari siswa atau kecenderungan untuk  bekerja sama dalam menyelesaikan masalah
e.  Suasana kelas menjadi “gaduh” sehingga dapat mengganggu kelas lain
            Berdasarkan   kelebihan  dan  kekurangan  metode  index  card  match sebisa mungkin guru dituntut untuk dapat mengantisipasi kekurangan  yang terdapat dalam penerapan  metode   index  card  match terutama  penerapannya  dalam  pembelajaran.  Antisipasi  tersebut  dapat  diwujudkan  guru  melalui  berpikir  kritis,  inovatif  dan kreatif dalam melaksanakan suatu pembelajaran agar siswa dapat belajar secara aktif. Metode  index  card  match dirasa  cocok  untuk  diterapkan  dalam  pembelajaran  umum  karena  metode  index  card  match merupakan  salah   satu  metode  pembelajaran  aktif dimana siswa akan terlibat langsung dalam membangun pengetahuannya, menarik perhatian siswa karena ada unsur permainan yang dapat membangun kebersamaan dan keakraban antar siswa.
15
B.       Penerapan Metode Index Card Match Dalam Pembelajaran IPS Di SDN Damai Makmur ( Kelas IV Semester II )
            Metode pembelajaran index card match  merupakan “metode mencari pasangankartu”  metode  ini  digunakan  untuk  mengulang  materi  pembelajaran  yang  telahdiberikan sebelumnya  dan  berpotensi  membuat  siswa  senang  (Suprijono,  2011).
            Sejalan  dengan  itu  menurut  Silberman  (2002)  salah  satu  cara  yang  pasti  untuk membuat pembelajaran tetap melekat dalam pikiran adalah dengan mengalokasikan waktu untuk meninjau kembali apa yang telah dipelajari. Dalam metode  index card match  siswa  dituntut  untuk  berpasangan  dan  bekerja  sama  dalam  kegiatan  belajar sehingga  kegiatan  belajar  terasa  lebih  menyenangkan  namun  tetap  dapat  mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. 
             Dalam  penelitian  ini  penerapan  metode index  card  matchpada  pembelajaran IPS akan lebih difokuskan pada kegiatan siswa. sebelum bermain  index card matchguru memfasilitasi siswa dengan kartu soal dan  kartu jawaban, selain itu guru juga memberikan  kartu-kartu  tema  pada  setiap  siswa  untuk  menghindari  kesamaan  soal dan jawaban yang telah dibuat siswa. Dari kartu-kartu tersebut terlebih dahulu siswa minta  untuk  mencari  pasangan  tema   yang  sesuai.  Setelah  siswa  mendapatkan pasangan tema, siswa diminta mengisi kartu berdasarkan tema  yang didapatkannya, kemudian siswa diminta untuk mencari pasangan kartu.

16
            Metode index card matchdalam penelitian ini akan diterapkan di SD Negeri Damai Makmur  dalam pembelajaran IPS kelas IV semester II. Adapun rencana kegiatan pembelajaran dengan metode index card match sebagai berikut :
1.        Kegiatan awal
             Pada  tahap  awal,  guru  memberikan  beberapa  pertanyaan  seputar  materi  yang akan  dipelajari.  Untuk  membangkitkan  minat  dan  keaktifan  siswa  guru  mengajak siswa bernyanyi bersama agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan. Kemudian guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
2.          Kegiatan inti
            Pada  tahap  ini  ada  tiga  tahap  yang  sangat  penting  yang  harus  dijalankan  oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
Pada tahap eksplorasi yang harus dilakukan guru adalah
a.  Guru  melibatkan  siswa  dalam  mencari  informasi  tentang  materi  yang  akan dipelajari
b. Guru mengajukan pertanyaan pada siswa berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa berkaitan dengan materi yang dipelajari sehingga dapat tercipta pembelajaran yang interaktif.
c.  Guru mulai menjelaskan materi pembelajaran pada siswa
Pada tahap elaborasi yang dilakukan siswa adalah
a.  Siswa bermain index card match atau pencocokkan kartu
b.  Setiap  siswa  mencari  pasangan  tema  yang  sama  dari  tema  yang sudahditetapkan guru
17
c. Siswa yang sudah mendapatkan tema yang sama duduk berdampingansambil menunggu teman lain mendapatkan pasangan tema
d.  Siswa  berpasangan  untuk  mengisi  satu  kartu  soal  dan  satu  kartu  jawaban berdasarkan tema yang diperoleh
e.  Setiap siswa mengumpulkan kartu yang sudah dibuatnya
f.  Setelah semua kartu terkumpul guru mengacak semua kartu
g.  Siswa diminta mengambil satu kartu secara acak
h.  Siswa  yang  sudah  mendapat  kartu  tidak  boleh  melihat  isi  kartu tersebutsebelum semua siswa sudah mendapatkan kartu
i.  Siswa mulai mencari pasangan dari kartu yang didapatkannya
j. Siswa yang sudah berpasangan duduk berdampingan sambilmenunggu teman lain mendapatkan pasangannya
k.  Setiap  pasangan  maju  ke  depan  kelas  untuk  membacakan  pertanyaanpada siswa lain dan meminta siswa lain keculi pasangannya untuk menjawabnya
l.  Siswa  yang  memegang  kartu  jawaban  memberikan  tanggapan  dari  jawaban yang diberikan oleh temannya
m.  Siswa  membuat  rangkuman  dari  pengetahuan  yang  didapatkannya  dari permainan kartu
Pada tahap kolaborasi
18
a.  Guru  memberikan  umpan  balik  berupa  penjelasan  dari  pengetahuan pengetahuan yang telah diperoleh siswa selama bermain kartu secara  lisan ataupun tertulis
b.  Guru bersama siswa merefleksi semua kegiatan belajar yang telah dilakukan
3)  Kegiatan penutup
a.  Siswa  bersama  guru  membuat  kesimpulan  menyangkut  materiyang  sudah dipelajari
b.  Guru memberikan soal evaluasi
c.  Guru memberikan penilaian
d.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.












19
BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
            Upaya  untuk  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  bisa ditempuh  dengan penerapan  metode  index  card  match.  Belajar  dengan  metode  ini  bisa  diterapkan  dalam  proses  pembelajaran  di  Sekolah  Dasar. Terdapat  berbagai  kelebihan  dan  kekurangan  dari  penerapan  metode  ini,  oleh  karena  itu  guru  diharapkan  untuk  bisa   meminimalizir  kekurangan  -  kekurangan  yang ditimbulkan  dari  adanya  penerapan metode  tersebut.
            Dengan  penerapan  metode  ini,  siswa  diharapkan  menjadi  lebih  terampil,  kreatif, inovatif  dan  bisa  menguasai  berbagai  bidang  pengetahuan  dan  teknologi.
B.     Saran
            Dari  simpulan  diatas,  penulis  menyarankan  agar  penerapan  metode  index  card  match  bisa  di teruskan  agar  siswa  tidak  merasa  jenuh  dengan  proses  pembelajaran  yang  ada  dan  agar  pula  proses  pembelajaran  bisa  bervariasi. Sedangkan,  untuk  lebih  bisa  sempurna  diharapkan  antara  siswa  dengan  guru  masih  bisa   terselenggaranya  hubungan  yang  erat  dan  kompeten.
           


20
DAFTAR  PUSTAKA

Intisari, 2011.  Keaktifan  belajar.  Education,  www. Google.com, 1  maret  2014.
Handayani  dan  juntak  margana, 2010 , pentingnya  index card  match  bagi  siswa.
Siberman,  2006 :  index  card match  dalam  pembelajaran.
Suprijono, 2011. Penerapan  index  card  match  dalam  pembelajaran  IPS.
Usman,  2011, : keaktifan  belajar  siswa, education.
Intisari, 2011.Belajar aktif.  Education,  www. Google.com, 1  maret  2014.
Usman,  2011, : keaktifan  belajar  siswa, education.




21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar