RESUME
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
“ Sekilas Tentang Jamu Air MAncur”
DISUSUN OLEH
KELOMPOK 11
I Kade Sedana
( 14033029 )
Fitria B. Sapa
Fakultas Ekonomi
Prodi Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Luwuk
PERUSAHAAN
PT.JAMU
AIR MANCUR
1.
Sejarah Berdiri, Tahun Berdiri & Pendiri Dari Jamu Air Mancur
PT . Air Mancur pada mulanya merupakan industri rumah tangga yang dirintis
oleh Lambertus Wono Santoso yang
didirikan di Pucang Sawit Surakarta,
Dengan tenaga kerja hanya berjumlah 11 orang. Pada awal berdirinya proses
sortasi, pembersihan bahan, penggilingan dan pengemasan masih dikerjakan secara
manual. Produk kemudian dipasarkan di Jakarta oleh L.W .Santoso, dan karena
terinspirasi dengan sebuah Air Mancur yang ada di Jakarta. maka perusahaan ini
dinamakan “ Air Mancur “. Tanggal 23 Maret 1963, L.W. Santoso mengajak 2 orang
rekanya, yaitu Kimun Ongkosandjojo
dan Rudi Hindrotonojo untuk
memperbesar usaha dengan menyewa sebuah pabrik lengkap dengan mesin giling yang
terletak di Wonogiri. Pada tanggal 23 Desember 1963 industri rumah tangga ini,
resmi berubah menjadi Perseroan dengan nama PT. Air Mancur yang berkedudukan di
Wonogiri.
2. Proses Perkembangannya
Pada tanggal 1 Januari 1964 seluruh kegiatan dipindahkan dari Pucang Sawit ke Wonogiri dengan tenaga
kerja berjumlah 50 orang. Tahun 1969 jumlah karyawan mencapai 68 orang sehingga
ruangan menjadi sempit. Oleh karena itu, perusahaan mendirikan gedung baru di
jalan pelem Wonogiri yang mulai digunakan pada Tanggal 5 0ktober 1969.
Sementara Pucang Sawit digunakan sebagai gudang bahan baku. Pesatnya kemajuan
yang dialami perusahaan diimbangi dengan mendatangkan mesin-mesin giling dan
mesin tumbuk baru . Jumlah tenaga kerja terus mengalami peningkatan dari waktu
kewaktu. sehingga pada tahun 1973 telah mencapai sekitar 1000 karyawan. Pada
tahun ini mulai dibangun pabrik lagi di Palur tepatnya di Dusun
Tegalharjo,kelurahan Dagen Kecamatan Jaten Karanganyar. karena keperluan
ruangan kerja yang mendesak maka pada tanggal 24 Februari 1974. L.W. Santoso , segera meresmikan pabrik di
Karanganyar itu walaupun sebenarnya pembangunanya belum selesai seluruhnya.
Pada tahun 1976 di Desa Jajar, Kleco dalam Kota Surakarta dibangun lagi
pabrik. Peresmian pabrik baru di Kleco yang disediakan untuk kegiatan logistik
dan laboraturium penelitian dan pengembangan ini, dilakukan oleh Departemen
Kesehatan RI pada tanggal 10 Desember 1976. Pada tahun 1978 di bangun lagi
pabrik baru di desa Giriwarno, kira-kira 4 Km dari arah Wonogiri kota kearah
Solo. Dari tahun ketahun PT. Jamu Air Mancur terus mengalami kemajuan yang
cukup berarti, pada tahun 1995 di bangun lagi perusahaan di Jetis, khusus untuk
memproduksi kosmetika. Namun PT. Jamu Air Mancur bukan berarti tanpa masalah.
Pada tahun 1997 mendapat musibah dimana salah satu bagian dipabrik yang
terletak di Palur yaitu bagian pengemasan mengalami kebakaran sehingga untuk
proses pengemasan dipindahkan ketempat terdekat dengan Unit palur yakni Celep
yang terletak kurang lebih 400m dari Unit Palur. Karena kota solo semakin padat
maka lingkungan kota tidak boleh didirikan Industri.
Jumlah tenaga
kerja terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu sehingga pada tahun 1973
telah mencapai sekitar 1000 karyawan. Pada tahun ini mulai dibangun pabrik lagi
di Palur tepatnya di Dusun Tegalharjo, kelurahan Dagen Kecamatan Jaten
Karanganyar, karena keperluan ruangan kerja yang mendesak maka pada tanggal 24
Februari 1974 L.W. Santoso segera meresmikan pabrik di Karanganyar itu walaupun
sebenarnya pembangunannya belum selesai seluruhnya. Pada perkembangan
selanjutnya dibangun lagi pabrik baru pada tahun 1976 di Desa Jajar, Kleco
dalam Kota Surakarta. Peresmian pabrik baru di Kleco yang disediakan untuk
kegiatan logistik dan laboratorium penelitian dan pengembangan ini dilakukan
oleh Departemen Kesehatan RI pada tanggal 10 Desember 1976. pada tahun 1978 di
bangun lagi pabrik baru di Desa Giriwono, kira-kira 4 km dari arah Wonogiri
kota ke arah Solo. Dari tahun ketahun PT. Jamu Air mancur terus mengalami
kemajuan yang cukup berarti, pada tahun 1995 dibangun lagi perusahaan di Jetis
khusus untuk memproduksi kosmetika. Namun PT. Jamu Air Mancur bukan berarti
tanpa masalah, karena pada tahun 1997 mendapat musibah dimana salah satu bagian
dari pabrik yang terletak di Palur yaitu bagian pengemasan mengalami kebakaran
sehingga untuk proses pengemasan di pindahkan ketempat terdekat dengan Unit
Palur yaitu Celep yang terletak ± 400m dari Unit Palur. Karena kota Solo
semakin padat maka lingkungan kota tidak boleh didirikan industri.
Untuk lebih
jelasnya, dan lebih mengetahui proses perkembangan sehingga menjadi saat ini
(PT.JAMU AIR MANCUR), mari kita melihat prosesproduksi dan pemasaran perusahaan
ini.
Proses Produksi :
A. Jenis
Produk Perusahaan menghasilkan berbagai macam jenis produk antara lain :
1.
Jamu
Bersalin
2.
Jamu Ekstrak
3.
Kosmetik
4.
Minuman kesehatan (
madu, dll )
B. Pembuatan
jamu di Pabrik Jamu PT. Air Mancur, terdiri dari :
1.
Penyiapan
bahan baku
Penyiapan
dari pemasok antara lain pedagang, khususnya petani yang merupakaan binaan
perusahaan.
a)
Sortasi
Sortasi
(dilakukan secara manual) adalah suatu kegiatan untuk menghilangkan suatu
kotoran atau benda-benda lain yang ada pada bahan. Sortasi dilakukan dengan
tujuan untuk memisahkan bahan baku dan kotoran yang terbawa pada saat
penerimaan awal, misalnya kotoran tersebut berupa tanah, kerikil, debu atau
benda asing lainnya.
b)
Pencucian
Bahan yang
digunakan mengalami proses pencucian ulang guna menhilangkan pencemar fisik dan
khemik serta menurunkan angka mikrobiologinya dan guna menghilangkan sisa-sisa
pestisida.
c)
Pengeringan
Pengeringan yang
dilakukan di PT. Air Mancur digunakan pada bahan yang mengalami
proses pencucian. Bahan-bahan tersebut adalah umbi-umbian,
akar-akaran dan jenis rimpang. Tujuan dari proses pengeringan adalah untuk
menghasilkan keseragaman kadar air dari bahan-bahan tersebut yaitu kurang dari
10%. Pengeringan dilakukan dengan menggunakan mesin oven yang berbentuk gerbong
kereta api pada suhu 70⁰C dengan waktu 4-5 jam.
d)
Penggorengan
Penggorengan
yang dilakukan pada bahan baku adalah jenis goreng sangrai yaitu
penggorengan tanpa memakai minyak. Contoh bahan yang disangrai
antara lain botor dan kedawung.
e)
Pengolahan
Pengolahan
terdiri dari penggilingan; pengayakan; pengadukan (homogenitas) dalam mesin
mixing menjadi produk setengah jadi.
2.
Pembentukan Produk
bentuk pil/tablet/kapsul
Proses
pembentukan produk berupa pil/tablet/kapsul dilakukan dalam mesin ekstraktor
antara lain bahan dimasukan dalam kantong transparan dengan berat 15 kg,pada
mesin ekstraktor,sari diambil dari bahan yang berbentuk kental selanjtnya
diletakkan dalam loyang yang berbentuk segi empat. Dikeringkan memakai oven
dengan suhu 70⁰C dalam waktu 4-6 jam hingga membentuk
lempengan tipis. Digiling dalam mesin giling ekstrak kemudian dilakukan proses
pencampuran. Produk dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas produk dalam
sehari dengan menggunakan mesin ekstraktor menghasilkan 1,5 ton ekstrak atau
sekitar 3.000 liter ekstrak per jam. Melakukan penyortiran untuk produk yang
tidak sempurna.Kemudian dibungkus didalam mesing filling.Selanjutnya
pemeriksaan qualitiy control. Pemeriksaan dimaksud mencakup pengujian
farmakologi dan toksikologi dengan menggunakan hewan uji seperti tikus putih.
Standarisasi Bahan
Mutu bahan yang
diperoleh perusahaan sangat bervariasi. Oleh karena itu untuk mendapatkan bahan
siap racik yang memenuhi kadar standar (Standar Air Mancur) dilakukan
standarisasi bahan yang pada prinsipnya mencampur secara homogen bahan dengan
kadar yang berbeda hingga diperoleh kadar akhir yang memenuhi Standar Air
Mancur. Bahan hasil standarisasi ini dimantapkan dengan pemeriksaan ulang kadar
bahan hasil pencampuran yang secara teoritis kadar akhirnya telah memenuhi
standar, maka perlu dilakukan pencampuran ulang dengan bahan yang berkadar
tinggi. Pengemasan: Pengemasan primer , Pengemasan sekunder, Pemberian
label, dan pengemasan kebenaran produk, Pendistribusian ke
gudang Finish Goods. Proses
Pengolahan simplisia menjadi produk jamu mutlak dilakukan untuk mendapatkan
bahan siap racik yang memenuhi Standar Air Mancur dan merupakan syarat utama
untuk menghasilkan fitoterapi. Untuk semua jenis simplisia perusahaan
menetapkan standar yang berbeda-beda satu dengan lain, tergantung khasiat masing-masing.
Proses Pemasaran
Produk
Pengembangan
Produk Dalam hal ini penulis membatasi pembahasan marketing mix pada satu
produk yaitu Prolinu WRG produk baru yang dihasilkan PT Air Mancur yang
merupakan pengembangan produk sebelumnya. Perkembangan teknologi yang semakin
berkembang menjadikan konsumen menginginkan produk yang siap saji atau praktis.
Sehingga perusahaan ikut berperan dalam membuat produk-produk baru yang
berkualitas tinggi.
Strategi Promosi
Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan
adalah melakukan kegiatan promosi. Promosi juga merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh PT Air Mancur dalam rangka memberikan sejumlah informasi kepada
konsumen tentang suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yang
ditujukan untuk mendorong permintaan pasar dan bertujuan untuk mengadakan
komunikasi yang efektif dengan konsumen. Kegiatan-kegiatan promosi yang telah
dijalankan PT Air Mancur adalahsebagai berikut :
1.
Periklanan
Periklanan PT Air Mancur menggunakan media promosi sebagai berikut :
a.
Papan
Reklame dan Spanduk Papan dan spanduk ini dipasang ditempat yang strategis agar
mudah dibaca oleh banyak orang.
b.
Televisi
Media periklanan di televisi merupakan alat promosi yang sangat besar
pengaruhnya terhadap volume penjualan, karena sasaran yang dicapai melalui
media ini sangat luas hampir seluruh kawasan Indonesia. Penayangan iklan ini
sebaiknya pada saat acara yang sering dilihat oleh masyarakat. 112
c.
Majalah
dan Surat Kabar Dalam memasang iklan di majalah / surat kabar hal-hal yang
perlu diperhatikan adalah sebagai berikut : - Jumlah pembaca - Target share
majalah - Penepatan iklan - Biaya pemasangan
d.
Radio
Merupakan salah satu sarana promosi melalui sebuah alat elektronik yang bisa
didengarkan oleh masyarakat luas. Media ini digunakan PT Air Mancur pada saat
ada produk baru muncul.
e.
Umbul-Umbul
Merupakan sarana promosi dengan media cetak yang dibuat, ditulis di selembar
kain dengan ukuran dan model yang lebih bagus dari pada spanduk. PT Air Mancur
biasanya memasang media ini sebagai sarana untuk memeriahkan suasana suatu event
yang akan berlangsung.
f.
Katalog
Merupakan sarana promosi dengan menggunakan media cetak yang biasanya memuat
tentang berbagai produk 113 yang di jual perusahaan. Katalog ini dapat
diperoleh di dalam perusahaan atau di outlet-outlet khusus.
2.
Promosi
Penjualan PT Air mancur menggunakan promosi penjualan yaitu sebagai berikut :
a.
Pemberian
Hadiah Pemberian hadiah ini dimaksudkan agar konsumen melakukan pembelian
terhadap produk tersebut secara berulang-ulang. Pemberian hadiah akan diundi
pada tiap bulannya atau pada siapa saja yang telah membeli produk dalam jumlah
tertentu.
b.
Mengadakan
Stand PT Air Mancur mengadakan stand khusus di suatu tempat keramaian yang
dimaksudkan untuk memperkenalkan produk-produk dari PT Air Mancur.
c.
Propaganda
Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mobil unit propaganda yang berupa
bajaj untuk berkeliling ke daerah pemasaran. Selain melakukan kegiatan promosi
dengan cara memberikan sampel produk secara cuma-cuma, bajaj ini secara
bersamaan dapat juga melakukan penjualan. 114
d.
Sponsor
Dengan memberi perlengkapan pada suatu event atau kegiatan seperti jalan
santai, lomba anak-anak, olahraga dan lain-lain.
3. Personal
Selling Merupakan suatu bentuk promosi yang dilakukan dengan menjual atau menawarkan
produk secara langsung atau bertatap muka dengan konsumen. Dalam kegiatan ini
PT Air Mancur mengirim tenaga-tenaga pemasarannya atau sales untuk
memperkenalkan produknya. Tenaga pemasaran yang dimiliki PT Air Mancur haruslah
dapat menginformasikan produk secara baik dan melakukan ajakan untuk
mengkonsumsi atau membeli produknya. Pada saat bertemu dengan calon konsumen
tenaga pemasaran biasanya selain menawarkan produknya juga memperlihatkan
gambargambar atau katalog produk. 4) Publisitas Publisitas merupakan suatu cara
menginformasikan atau pemberitaan yang dimuat atau disiarkan oleh media yang
oleh penerbit dianggap wajar dan berguna bagi masyarakat . Salah satu bentuk
publisitas PT Air Mancur adalah dengan mengadakan launching produk baru yang
dipatenkan. 115 Dalam pemberitaan produk baru tersebut PT Air Mancur mengundang
insan pers baik media cetak maupun media elektronik. Kemudian media itulah yang
akan meneruskan informasi yang akan didapat oleh masyarakat luas. Hal ini
merupakan keuntungan tersendiri bagi produk tersebut agar lebih dikenal
masyarakat luas. Secara tidak langsung PT Air Mancur dapat menghemat biaya
publikasi produknya.
4. Strategi
Distribusi Distribusi merupakan proses penyaluran produk dari produsen ke
konsumen akhir. Pelaksanaan kegiatan distribusi ini merupakan tindakan lanjut
dari kegiatan promosi yang sebelumnya dilakukan oleh PT Air Mancur. Berikut
merupakan saluran distribusi oleh PT Air Mancur dalam menyalurkan produknya ke
konsumen akhir. Perushaan, Agen, Sub Agen, Pengecer . Dari urutannya diatas dapat
disimpukan bahwa PT Air Mancur dalam melakukan dua saluran distribusi yang
pertama dengan melalui perantara yaitu Agen Tunggal/distributor, Sub
Distributor, Grosir, Retail dan Konsumen. Di sini PT Air Mancur tidak
mengeluarkan biaya karena secara langsung yang mengeluarkan biaya adalah Agen
Tunggal/ distributor, yang kedua tidak melalu perantara atau secara langsung.
Dalam menyalurkan produknya PT Air Mancur menggunakan dua jenis saluran
distribusi antara lain :
·
Saluran Distribusi Langsung Dalam
saluran ini cara penyampaian produknya ke tangan konsumen akhir dilakukan
secara sendiri (menyeluruh) secara langsung tanpa ada perantara. Saluran ini
dilakukan dengan cara menggunakan mobil propaganda/bajaj yang biasanya digunakan
untuk kegiatan promosi. Kegiatan ini tidak dilaksanakan secara rutin tergantung
situasi dan kondisi. Hal ini biasanya dilakukan apabila permintaan jamu menurun
atau pada saat sedang promosi produk baru. Pelaksanaan dilakukan khususnya pada
saat ada keramaian, misalnya pada pelaksanaan perayaan Sekaten di Solo, pasar
malam, jalan santai, lomba anak-anak dan lainlain. dengan menggunakan panggung
hiburan atau memutar film dalam layar tancep. Sedangkan kegiatan dari bajaj 118
adalah melalkukan promosi barang sample yaitu dengan memberikan contoh gratis
bagi konsumen dan melakukan promosi secara langsung mengenai kegunaan dan
keunggulan dari produk yang dipromosikan.
·
Saluran Distribusi Tidak Langsung Dalam
saluran distribusi ini, biasanya pada produk yang mudah dikonsumsi sendiri
untuk itu PT Air Mancur mendistribusikan ke tempat-tempat yang mudah dijangkau
konsumen sehingga konsumen mudah dalam membelinya. Dalam
kegiatan ini perusahaan mempunyai banyak sekali perantara, maka semakin banyak
perantara semakin luas pula daerah distribusinya.
3.
Keunggulan
Dengan Menggunakan Cara Tradisional Dan Teknologi
a.
Tradisional
Kekurangan
|
Solusi Penilaian Pelanggan
|
Hanya dapat
menjangkau pembeli dengan batasan demografi tertentu
|
Dapat
memberikan informasi kepada calon pembeli dimanapun mengenai penyedia
produk/jasa terbaik, baik itu penyedia produk/jasa offline
|
Perbandingan
harga dan kualitas akan membutuhkan lebih banyak waktu
|
Dapat
memberikan informasi perbandingan harga dan kualitas secara lebih mudah.
|
Pembeli harus memiliki jaringan
pertemanan tertentu yang memberikan informasi mengenai variasi produk
|
Dapat
memberikan informasi mengenai variasi produk/jasa yang ada di berbagai
penyedia produk/jasa, baik online maupun offline
|
b.
E
Comerrce atau Online
Kekurangan
|
Solusi Penilaian Pelanggan
|
Maraknya penipuan dari bisnis online
(kualitas yang tidak sesuai), barang tidak dikirimkan, dll
|
Penilaian
pelanggan dari sumber yang terpercaya dapat memudahkan pembeli membedakan
antara penjual yang terpercaya/tidak. Selain itu aplikasi TrustKlik dapat
memberikan jaminan kepastian bahwa penilaian tersebut berasal dari pelanggan
yang sebenarnya
|
Lemahnya layanan purna jual, terutama
apabila pembeli hendak mengembalikan barang yang telah dibeli
|
Dapat
memberikan informasi kepada calon pembeli mengenai penyedia layanan purna
jual yang terbaik (baik itu online maupun offline), *penilaian negatif dapat
memacu penyedia produk/jasa untuk melakukan perbaikan pelayanan kedepannya.
|
|
|
4.
Keuntungan
Bagi Kami Membuat Resume Tentang PT. JAMU AIR MANCUR
Keuntungan bagi kami
khususnya bagi kami mahasiswa yang mengguluti dunia ekonomi, disini kami
mendapatkan banyak pengetahuan baru berupa informasi bentuk usaha-usaha yang
dijalankan pengusaha-pengusaha di indonesia salah satunya usaha Jamu ini yang dirintis oleh Lambertus
Wono Santoso yang didirikan di Pucang
Sawit Surakarta.
Dari perusahaan yang awalnya hanya
usaha rumah tangga ini, kita dapat pelajaran tentang bagaimana proses
mendirikan usaha yaitu dengan mengetahiu sinergi, sistem dan strategi apa yang
baik dan semestinya kita gunakana ketika kita mendirikan usaha yang sejenis
PT.JAMU AIR MANCUR ini, atau bahkan kita dapat mengembangakan lagi strategi dan
cara yang telah kita ketahui dari perusahaan tersebut.Dan ternyata mendirikan
suatu usaha tidap perlu dengan modal yang sangat besar untuk dapat membangun
usaha.
Namun yang lebih penting dari semua
strategi yang telah kita atau maukita jalani, yaitu niat yang kuat,keuletan
serta kejujuran yang harus pertama-tama kita tanamkan pada diri kita sebelum
kita membuka dan membangun usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar